Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa: Eksistensi dan Masa Depan

Salah satu hal yang paling aku syukuri selama kuliah di Pendidikan Kimia UNY adalah ikut bergabung di UKM Penelitian Fakultas KSI Mist FMIPA UNY. Disini aku belajar banyak terkait penulisan karya ilmiah dan dapat mengikuti beberapa kompetisi karya ilmiah. Pada kesempatan ini, aku akan berbagi beberapa manfaat dari mengikuti kegiatan karya tulis ilmiah.

  1. Jalan-Jalan Gratis
    Cita-cita pertamaku naik pesawat terwujud berkat mengikuti perlombaan karya tulis ilmiah. Saat itu, di tahun 2012 pertama kali aku naik pesawat untuk presentasi final lomba di Univesitas Tanjungpura, Pontianak. Tempat ini juga menjadi tempat favoritku karena selama kuliah tercatat sudah lima kali aku menginjakkan kaki di tempat ini, dan Alhamdulillah semuanya menang. Selain ke Pontianak, aku juga pernah ke Jambi, Riau, Palembang, Bali, Kendari, Makassar, dan hampir semua daerah di Pulau Jawa. Semuanya untuk presentasi lomba karya tulis ilmiah.
  1. Prestasi
    Salah satu bentuk eksistensi mahasiswa adalah dengan memiliki prestasi. Dengan banyaknya kesempatan mengikuti lomba karya tulis ilmiah mahasiswa, tentu saja banyak kesempatan untuk memperoleh prestasi. Selama kuliah, setidaknya aku pernah memenangkan 13 lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional.
  1. Pergi Ke Luar Negeri
    Beberapa orang pasti ingin mempunyai pengalaman ke luar negeri. Karya ilmiah dapat menjadi salah satu jalan kita untuk sampai ke luar negeri, yaitu dengan mengikuti seminar atau presentasi karya di forum ilmiah. Setidaknya, aku pernah ke Malaysia dan Thailand dengan jalur ini.
  1. Beasiswa
    Salah satu faktor pendukung untuk memperoleh beasiswa adalah prestasi. Dengan prestasi lomba karya tulis ilmiah, tentu saja akan semakin meningkatkan kesempatan kita untuk memperoleh beasiswa. Pada tahun 2018, Alhamdulillah aku berhasil memperoleh beasiswa LPDP untuk melanjutkan studi di Magister Manajemen UGM.
  1. Modal Bisnis
    Pengalaman menulis karya ilmiah ternyata juga memberikan dampak positif ketika merintis bisnis. Setidaknya kita dapat mengetahui trik menulis perencanaan bisnis dan presentasi bisnis yang baik dari pengalaman tersebut. Dengan bekal itulah juga, aku bisa memenangkan banyak kompetisi bisnis dengan hadiah hingga ratusan juta rupiah.

Demikian beberapa manfaat yang aku terima dari mengikuti kegiatan lomba karya tulis ilmiah mahasiswa.

Semoga bermanfaat dan dapat memberikan inspirasi.

2021-07-16T15:37:20+00:00